Transparent Leadership (Note) Septo Indarto (Team Double S)

12 Apr

Transparent Leadership (Note)
Septo Indarto (Team Double S)
Hal yang terbaik adalah sebelum Anda siap memutuskan siap menjadi seorang pemimpin adalah Anda harus berani jujur terhadap diri Anda sendiri, ini sangat penting dan akan menciptakan sebuah nilai bagi diri Anda. Kemudian Anda harus berani meningkatkan kualitas diri Anda dan memimpin diri sendiri, baru kemudian Anda belajar menjadi pemimpin bagi orang lain. Ini yang disebut sebagai fase pertumbuhan, melangkah dari hal yang terkecil kemudian berjalan ke hal yang lebih besar.
Kita harus belajar pengalaman dari diri sendiri maupun orang lain karena ini penting sebagai proses belajar untuk menjadi seorang pemimpin. Apabila Anda telah terbiasa melakukan hal yang benar maka Anda akan terus berusaha melakukan hal yang benar dimasa yang akan datang. Anda akan bekerja dengan benar.
Bagaimana jika kita tidak dapat menjadi pemimpin yang transparan. Lihat kejatuhan pengalaman perusahaan Enron. Para pemimpin bisnis mereka tidak dapat bersikap transparan ketika perusahaan sedang dalam masalah besar dan ini merupakan sebuah ancaman besar bagi perusahaan yang memiliki pemimpin denngan perilaku menyeleweng. Jika Anda bekerja dalam suasana yang penuh dengan kebohongan maka itu akan menghancurkan karir Anda, membuat tim Anda dalam suasana terancam dan perusahaan akan bangkrut dalam hitungan waktu.
Apakah Anda telah meilhat pemimpin dengan prioritas yang lurus dan dapat mengendalikan ego adalah orang yang berhasil dalam kepemimpinan. Mereka bisa menjadi pemimpin yang baik dan penuh teladan. Sehingga mereka dapat dijadikan orang-orang yang baik untuk menjadi teladan bagi orang lain. Apalagi jika sebuah team work mempunyai pemimpin seperti itu, maka organisasi akan berjalan dengan lancar untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
Menurut Herb Baum jika Anda tidak memiliki gaya hidup yang transparan, Anda tidak pernah dianggap sebagai orang yang mempunyai integritas tinggi. Itu berlaku apa pun profesi Anda ketika Anda telah berhasil menjadi orang yang sukses. Jika Anda hanya gemar berbohong dan selalu mengejek orang lain maka Anda tidak akan bisa dipercaya oleh orang lain walaupun di dalam karir mungkin Anda adalah orang yang sukses dan hebat. Kejujuran adalah kekuatan pada diri Anda. Anda ingin menjadi orang yang dihormati? Maka kita harus berbuat jujur dalam bekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: