Pemimpin Transparan Septo Indarto (Team Double S)

12 Apr

Pemimpin Transparan
Septo Indarto (Team Double S)
Banyak pegawai-pegawai yang bekerja disebuah perusahaan sebenarnya menginginkan perusahaan dipimpin oleh manajer yang memiliki keterbukaan. Pemimpin Transparan selalu berpikir mengenai integritas. Karena integritas adalah nilai yang penting. Pemimpin Transparan berpikir:
1. Strategi yang akan diterapkan untuk meningkatkan kinerja perusahaan.
2. Hal yang terbaik untuk karyawan.
Para Pemimpin Transparan bertanya kepada diri mereka: Apakah saya telah jujur kepada diri saya? Apakah saya telah melakukan yang terbaik untuk perusahaan? Apakah anak buah saya bekerja dengan jujur? Apakah karyawan saya telah hidup sejahtera?
Menurut Herb Baum menjadi pemimpin yang baik adalah satu-satu jalan untuk mengembangkan pegawai berdasarkan integritas adalah dengan berusaha keras. Mereka juga tahu bahwa kultur keterbukaan setiap pegawai dapat mengakui masalah dan berbicara mengenai kesalahan. Mereka dilatih untuk bertindak jujur dalam bekerja.
Pengembangan pribadi adalah bagian yang sangat penting untuk penanaman integritas. Anda akan menemui banyak kepribadian dan latar belakang, Anda akan menghadapi tantangan. Jika karyawan melakukan kesalahan maka Anda dapat berdiskusi dengan karyawan tersebut, kenapa Anda melakukan kesalahan tersebut? Kemudian mencari solusinya.
Pemimpin Transparan juga harus belajar untuk mendengar, apa yang sedang terjadi disekelilingnya. Kemampuan mendengar yang baik merupakan komponen yang penting dari pemimpin. Anda harus berani turun ke lapangan untuk mendengarkan informasi yang Anda terima. Jangan sampai Anda mendengarkan informasi dari orang lain. Anda harus mau mendengar informasi yang baik dan buruk. Anda harus mengetahui keseluruhan mengenai isu-isu yang berkembang. Kita harus berdialog dengan semua karyawan dan mampu membuat karyawan berdiskusi dan berkomunikasi dengan Anda.
Apa masalah mereka, apa yang mereka sedang hadapi? Tugas Anda adalah mendengarkan dan mencari solusi secara bersama-sama.
Kemampuan mendengar berarti Anda adalah orang yang mampu mendengar semua permasalahan. Ini akan menciptakan sebuah komunikasi yang baik.
Ketika Anda berani mengambil posisi sebagai seorang manajer maka Anda harus siap menerima setiap masukan ide yang berasal dari seluruh karyawan.
Anda bisa membuat acara makan siang bersama karyawan. Bertukar cerita dengan mereka tentang diri Anda dan diri mereka. Karena bersikap terbuka dan siap menerima adalah cara yang baik untuk mengasah keterampilan dan cara berkomunikasi.
Dalam acara makan siang dengan para karyawan, Anda bisa bercerita hal-hal yang ringan dan dapat mendengarkan masukan dari karyawan. Suasana informasl dapat menciptakan komunikasi yang lebih jujur karena tidak ada pembatas. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun budaya komunikasi dalam posisi sejajar sehingga dapat mengetahui secara langsung apa yang diinginkan oleh para karyawan. Kita langsung dapat mengetahui masalah dan mendapatkan jawaban.
Mendengarkan dapat memberikan informasi-informasi yang belum pernah Anda ketahui sehingga membuat wawasan Anda akan bertambah. Ini adalah langkah yang bagus untuk meningkatkan produktivitas perusahaan Anda.
Pemimpin Transparan akan bersikap lebih proaktif untuk mendengar. Orang akan menilai Anda dengan nilai tinggi. Nilai itu adalah kejujuran dan akan membuat karyawan dan investor mempercayai Anda dalam menjalankan bisnis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: