Masalah Di Kawasan Asia Timur dan Aktivitas Bisnis (Leadership in Government) Septo Indarto (Team Double S)

10 Apr

Masalah Di Kawasan Asia Timur dan Aktivitas Bisnis
(Leadership in Government)
Septo Indarto (Team Double S)

Kawasan Asia Timur saat ini merupakan kawasan yang paling cepat pertumbuhan ekonominya dibandingkan kawasan Eropa dan kawasan Amerika. Tetapi kawasan Asia Timur mempunyai potensi konflik militer yang terjadi setiap saat. Kawasan Asia Timur terdiri dari China, Jepang, Korea Selatan, Korea Utara dan Taiwan. Negara-negara itu adalah Negara yang kuat dalam inovasi teknologi. Amerika mempunyai bisnis yang berkembang di kawasan ini, perusahaan-perusahaan Amerika membutuhkan suplai bahan baku industry teknologi dari Kawasan Asia Timur. Uni Eropa telah berinvestasi mendirikan pabrik-pabrik modern di China untuk ekspansi global. Australia mensuplai kebutuhan daging dan susu ke Kawasan Asia Timur. Kesimpulan yang dipelajari dari berbagai macam sudut pandang adalah Kawasan Asia Timur adalah kawasan yang paling dinamis pertumbuhan ekonominya.
Tetapi yang menjadi sebuah persoalan besar adalah ketika Korea Utara tiba-tiba meluncurkan uji coba senjata nuklir. Ini akan membuat panic dan rasa ketakutan semua orang diseluruh dunia. Untuk komunitas bisnis dunia, ini adalah sebuah bencana besar yang dapat mengganggu aktivitas bisnis. Semua pihak akan dirugikan bukan hanya Kawasan Asia Timur tetapi Kawasan Eropa dan Kawasan Amerika juga akan menderita kerugian besar di bidang perdagangan dan industri.
Korea Utara mempunyai senjata militer yang kuat. Perlu untuk didekati dengan cara yang halus dan harus diajak untuk berdialog. Korea Utara mempunyai instalasi nuklir, fasilitas pengayaan uranium dan peluncuran rudal jarak jauh dan juga telah berhasil meluncurkan roket yang membawa satelit ke orbit. Kemampuan angkatan bersenjatanya salah satu yang ditakuti di muka bumi. Diplomasi yang konsisten adalah salah satu solusi yang bisa diterapkan saat ini untuk membuat Korea Utara mau berunding untuk menciptakan perdamaian di Kawasan Asia Timur.
Perdamaian di kawasan Asia Timur harus dijaga oleh semua pihak. Karena kawasan Asia Timur adalah jantung dunia untuk inovasi teknologi yang diekspor ke seluruh dunia. Ini memang bukan hal yang mudah untuk diterapkan tetapi ini sebuah keharusan yang harus diperjuangkan. Selama lebih dari 20 tahun, Kawasan Asia Timur telah menciptakan banyak inovasi teknologi dan kemudian dijual ke seluruh dunia. Kawasan ini mempunyai budaya kerja tinggi di bidang industry, perdagangan dan ekonomi.
China, Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Taiwan, Amerika dan Uni Eropa pada dasarnya mempunyai satu harapan yang sama yaitu perdamaian di kawasan ini, sehingga aktivitas bisnis tidak terganggu karena kawasan Asia Timur adalah kawasan yang dinamis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: