Membuat Pelatihan untuk Perusahaan (TFT) Septo Indarto (Team Double S)

9 Apr

Membuat Pelatihan untuk Perusahaan (TFT)
Septo Indarto (Team Double S)

Semua perusahaan dalam mengembangkan potensi dan keterampilan karyawannya sepakat bahwa sebuah pelatihan sangat penting untuk diadakan. Pelatihan mempunyai tujuan yaitu untuk meningkatkan keterampilan para karyawan dalam bekerja.
Perusahaan mempunyai tujuan bahwa keterampilan yang didapatkan dari sebuah pelatihan harus dapat meningkatkan produkstivitas kinerja perusahaan. Karena pelatihan diadakan oleh perusahaan untuk mendapatkan ilmu yang baru yang disesuaikan dengan perkembangan waktu atau jaman.
Ketika teknologi internet berkembang dengan sangat pesat maka terjadi perubahan dalam budaya kerja. Contoh dimasa lalu seorang pegawai menulis surat ke sebuah perusahaan baik itu mengenai penawaran kerjasama maupun penawaran promosi barang atau jasa banyak yang menggunakan fasilitas fax, sehingga memakan waktu dan biaya yang besar. Saat ini seorang pegawai mengirim banyak surat menggunakan e-mail yang dapat langsung dikirim ke beberapa perusahaan hanya dengan sekali mengirim. Dengan adanya perubahan budaya kerja dengan menggunakan teknologi baru , perusahaan dapat memberikan sebuah pelatihan dengan judul Bagaimana Memanfaatkan e-mail untuk Kegiatan Korespondesi Perusahaan. Tujuannya dengan menggunakan fasilitas e-mail tersebut pegawai dapat menggunakannya untuk menekan biaya yang mahal, tidak menghabiskan waktu yang banyak dan sangat efisien.
Satu hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah bahwa setiap karyawan mempunyai kebutuhan yang berbeda untuk mengikuti program pelatihan. Misalnya karyawan bagian departemen marketing akan mempunyai kebutuhan yang berbeda dengan karyawan dari departemen IT. Oleh karena itu perlu diciptakan pengklasifikasian (pengkelompokan) program training dari setiap departemen. Mengenai waktu dapat dijalankan secara bersama-sama untuk menghemat waktu dan biaya.
Contoh:
Hari Senin, 13 Januari 2010.
Jam 09.00-12.00 WIB
Ruang : Ruang I- Pelatihan Bagaimana Menjual Produk untuk Departemen Marketing.
Ruang II- Pelatihan Bagaimana Membuat Sistem Keamanan Komputer Jaringan untuk Departemen IT.
Buatlah pelatihan dengan metode aplikatif, artinya adalah bahan-bahan pelajaran yang dipresentasikan dapat implementasikan dalam pekerjaan sehari-hari. Ini sangat penting karena menyangkut produktivitas kerja. Perusahaan menginnginkan setiap karyawannya menampilakn performa yang baik, ini akan membangun citra perusahaan baik internal maupun eksternal. Internal yaitu dilingkungan sendiri, eksternal yaitu diantara competitor. Karyawan yang telah ikut pelatihan diharapkan mampu mentransfer ilmunya kepada karyawan lain di departemennya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: