Marketing Dalam Sebuah Strategi Pemasaran yang Efektif Oleh Septo Indarto (Team Double S)

5 Apr

Marketing Dalam Sebuah Strategi Pemasaran yang Efektif
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Saat ini kemampuan memasarkan sebuah produk untuk mencapai target yang telah ditentukan adalah sebuah keharusan. Marketing adalah cara memasarkannya. Bagaimana produk kita dapat dijual, hanya mengetahui ilmu marketing secara sekilas tidak banyak berarti dan membantu. Strategi marketing adalah suatu ilmu yang harus dipelajari. Kita hidup ditengah persaingan yang luar biasa ketat, siapa yang mampu menciptakan kemenangan dan bertahan adalah yang menang dalam persaingan. Yang tidak mampu maka mereka adalah hal pihak yang kalah.
Perkembangan ilmu marketing sangat dinamis dan telah banyak mengalami kemajuan. Saat ini teknologi informasi banyak membantu perkembangan ilmu marketing dalam the digital living. Being Digital kenapa tidak??? Mari kita fokuskan bagaimana kita menyiapkan strategi yang luar biasa dengan dukungan teknologi informasi untuk memasarkan produk kita yang didukung ole hide-ide yang kreatif. Ingat The Winner takes it all…Itu yang harus Anda ingat ketika Anda sedang menyusun sebuah strategi marketing yang efektif. Buatlah cara baru yang inivatif dan unik. Karena unik adalah sebuah it self branding. Branding yang unik diciptakan memerlukan waktu yang tidak sebentar karena ini menyangkut pengalaman dan inovasi. Branding yang unik bukan saja mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk kita. Karena branding yang unik mencerminkan kekuatan sebuah perusahaan, mulai dari strategi manajemen sampai budaya kerja perusahaan. Coba Anda perhatikan iklan-iklan yang unik dari IBM dan SAMSUNG. Hal itu mencerminkan sebuah keunikan dan inovasi.
Coba saat ini Anda lihat video clip music the Beatles, saya akan bertanya kepada Anda…Kenapa the Beatles bias bertahan lebih dari 40 tahun walaupun mereka sudah bubar. The Beatles itu unik karena musiknya berisi hal-hal yang menceritakan tentang kehidupan kita sehari-hari bukan hanya soal cinta saja, tetapi juga perdamaian dunia, musik mereka mudah dicerna dan dinikmati semakin Anda sering mendengarkan musik mereka tidak ada rasa bosan ketika mendengarkannya.
Saat ini dalam dunia teknologi yang didukung berbagai macam teknologi dan sistem operasi seprti Linux, Android, Apple, Symbian dll. Menciptakan sebuah strategi baru dalam dunia marketing adalah sebuah keharusan. Anda tidak bisa mempertahankan cara pendekatan tradisional, karena saat ini market memerluakn sebuah cara yang baru yang berbeda. Anda seorang marketer tetapi Anda sama sekali tidak paham mengenai teknologi, maka Anda akan kalah. Saat ini 95% konsumen membeli produk di internet. Internet adalah salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk mereka ke semua segmentasi pasar.
Segmentasi pasar saat ini sangat luas. Segmentasi pasar tidak lagi dibatasi oleh tempat lingkungan kita berada, tetapi sudah menjangkau diseluruh dunia. Anda perlu melihat pasar yang jauh lebih luas dari yang pernah Anda perkirakan. Seluruh tempat di dunia adalah sebuah tempat atau space bagi market produk Anda. Dunia akan menjadi sebuah tempat yang saling berinteraksi yang dilakukan secara person to person. Seluruh tempat di dunia adalah sebuah tempat atau space bagi market produk Anda. Dunia akan menjadi sebuah tempat yang saling berinteraksi yang dilakukan secara person to person. Anda perlu memikirkan cara yang efektif tetapi dapat menjangkau kalangan yang luas. Marketing diciptakan sebagai sebuah cara Anda bisa menjual produk Anda dan Anda dapat berinteraksi dengan orang lain. Apakah itu secara personal atau kelompok (Group). Interaksi digital adalah sebuah life style dalam dunia maya tetapi langkah selanjutnya pertemuan secara fisik tetap harus dilakukan untuk mengenal satu sama lainnya, Anda bisa lebih bebas berinteraksi dan bertukar pikiran yang dapat memperluas wawasan Anda.
Pemasaran yang efektif saat ini lebih banyak di lakukan di dunia maya. Tetapi tetap Anda harus hati-hati karena dunia maya adalah dunia tanpa batas, seringkali terjadi ancaman dalam dunia maya seperti sebuah situs di hack, kemudian di serang virus, pembobolan password. Perlu juga security system dalam manajemen IT.
Dimasa yang akan dating antara dunia marketing dan perkembangan dunia teknologi informasi akan jalan secara bersama-sama. Dunia marketing memerlukan sebuah ide baru dalam pemasaran dan teknologi infomasi menciptakan inovasi-inovasi baru untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Dunia marketing akan terus berevolusi karena memang sudah menjadi sebuah keharusan. Dunia marketing harus beradatapsi dengan perkembangan zaman, zaman membutuhkan sebuah inovasi baru yang belum terbayangkan sebelumnya.
Sejak E-Commerce mulai digunakan pada tahun 2000, saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang memakai E-Commerce untuk kegiatan bisnisnya. Sudah lebih dasri 20.000 perusahaan-perusahaan diseluruh dunia memakai E-Commerce untuk kegiatan bisnis mereka. Saat ini E-Commerce merupakan salah satu bentuk promosi marketing yang paling banyak digunakan dalam era dunia digital. E-Commerce membutuhkan sebuah web site, dan harus dirancang dan digunakan semaksimal mungkin. E-Commerce menunjukkan citra sebuah perusahaan. Karena perusahaan ingin menampilakn citra mereka sebaik mungkin dengan jangkuan global yang sangat luas. Keamanan E-Commerce juga harus diperhatikan, seprti pencurian data base dan password yang menjadi ancaman bagi kegiatan promosi marketing dan bisnis di internet. Pembuatan E-Commerce harus melibatkan para marketer, pembuat keputusan (Manajer) dan ahli IT yang merancang E-Commerce tersebut.
E-Commerce juga banyak menawarkan berbagai macam produk yang dirancang untuk menarik pasar yang lebih luas walaupun secara alami akan menciptakan sebuah segmentasi pasar. Yahoo.com adalah salah satu E-Commerce yang paling banyak dikenal, kemudian e-Bay- Tokobagus.com. Pada perkembangannya E-Commerce akan menciptakan keunikan sendiri, karena perusahaan-perusahaan akan lebih fokus kepada kegiatan marketing mereka.
Promosi di internet bukan hanya membuat sebuah banner iklan yang sangat menarik, tetapi saat ini perusahaan-perusahaan menciptakan multimedia yang menarik supaya para konsumen mempunyai sebuah pengalaman baru sehingga mereka dapat merasakan nilai dari sebuah produk tersebut. Bahkan banyak iklan-iklan multimedia berisi sebuah cerita mengenai apa kegunaan dari produk tersebut dengan durasi waktu sekitar 15-20 menit. Saat ini konsumen yang kita hadapi adalah konsumen yang sangat pintar atau yang dikenal sebagai Smart Customer. Mereka ingin mengetahui manfaat produk tersebut untuk diri kita sehingga mereka akan merasa puas.
Hampir setiap orang saat ini mempunyai Smart Phone, ini adalah sebuah kesempatan yang paling baik bagi para marketer untuk mempromosikan produk-produk mereka melalui jaringan internet dengan meng up load video tentang produk yang akan di jual. Pemasaran di internet tidak membutuhkan biaya yang besar karena sifatnya digital dan jaringan, setiap orang saat ini mempergunakan internet untuk mencari berbagai macam hal, dari informasi hingga dunia hiburan, semua itu bisa disediakan oleh internet.
Internet banyak membantu para marketer untuk menyalurkan ide-ide kreatif dengan biaya yang lebih terjangkau yang selama ini tidak pernah terbayangkan. Internet telah membuka mata dan pikiran kita bahwa market adalah sebuah tempat yang sangat luas dengan berbagai mavam variasinya. Saat ini adalah bagaimana kita fokus untuk mengambil porsi dari market yang besar itu. Semua itu adalah tantangan besar kita untuk mewujudkannya dan melaksanakannya dalam dunia marketing, maka ide-ide baru yang segar sangat dibutuhkan dalam dunia marketing supaya kita bisa tetap bertahan dan menjadi yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: