Kebenaran adalah Hal yang harus Disampaikan (II) Oleh Septo Indarto (Team Double S)

26 Mar

Kebenaran adalah Hal yang harus Disampaikan (II)
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Belajar dari krisis ekonomi dunia setelah Lehman Brothers bangkrut, adalah bahwa telah terjadi banyak sekali kasus penipuan dan pelaporan keuangan yang direkayasa oleh banyak perusahaan. Masyarakat banyak yang memfokuskan kepada penghasilan CEO yang luar biasa tinggi dan perusahaan tidak pernah transparan mengenai gaji dan bonus yang diberikan telah menjadi isu yang hangat kemudian berubah menjadi kemarahan publik.
Penghasilan eksekutif merupakan bagian dari budaya keterbukaan yang harus dilakukan karena ini hal yang penting yang dapat menjadi pemicu bagi banyak hal lainnya. Orang akan bertanya:
Apakah mereka jujur?
Apakah mereka terlibat skandal?
Apakah mereka adalah orang-orang yang mempunyai integritas?
Masyarakat akan merasa curiga dan marah jika CEO dibayar sangat tinggi, sementara kinerja mereka tidak maksimal dan menyebabkan kerugian besar yang menyebabkan perusahaan bangkrut dan terjadi pemutusan hubungan kerja dalam jumlah besar. Pihak yang paling dirugikan adalah Negara karena harus menanggung kerugian tersebut yang dapat menciptakan bencana ekonomi. Karena Negara harus menyalurkan dana talangan dalam jumlah besar kepada perusahaan-perusahaan yang bermasalah dan bangkrut.
Artikel Wall Street edisi Oktober 2003 yang memuat laporan bahwa hgaji eksekutif sanggat tinggi dan akan naik kembali tahun depan, banyak membuat masyarakat kelas menengah bertanya kenapa gaji mereka sangat tinggi tetapi kinerja perusahaan sangat buruk sekali. Ekonomi sedang lesu dan berjalan ke arah krisis. Jutaan orang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan, sementara para eksekutif hidup boros dan berfoya-foya.
Dimanakah keadilan ekonomi?
Manurut Herb Baum perbedaan antara menjadi pemimpin transparan dan menjadi orang transparan adalah orang yang menjalani kehidupan pribadi secara terbuka dan jujur akan bertindak sama dalam urusan bisnis.
Untuk menjadi pemimpin yang terbaik, Anda harus memiliki konsep yang jernih dan jujur tentang nilai Anda, kontribusi Anda pada organisasi, dan berapa harganya.
Anda harus menjadi pemimpin yang transparan. Anda harus mampu membuat keputusan yang sulit dan dibutuhkan sebuah keberanian untuk melakukan tindakan. Anda membuat keputusan berdasarkan apa yang benar dan itu tidak mudah ini adalah sebuah proses dan evolusi, tapi Anda harus berani melakukannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: