Kebenaran adalah Hal yang harus Disampaikan Oleh Septo Indarto (Team Double S)

24 Mar

Kebenaran adalah Hal yang harus Disampaikan
Oleh Septo Indarto (Team Double S)

Mungkin kata yang And abaca diatas adalah hal yang biasa Anda sering baca. Tetapi didalam dunia bisnis ini adalah tindakan yang harus dilakukan oleh Anda sebagai manajer. Banyak yang mengatakan hal itu adalah sebuah tindakan yang berani. Ketika bisnis sedang mengalami pertumbuhan lesu, ini pasti ada sesuatu yang salah dan tugas Anda adalah mencari kesalahan tersebut dan segera bertindak untuk memperbaikinya. Anda harus berani mengatakan bahwa kita dalam masalah besar dan kita sedang dalam jalur yang salah.
Anda harus berani berkata kepada tim Anda: Kita sedang dalam masalah dan kita harus segera melakukan perbaikan.
Hal yang pertama Anda harus lakukan adalah bersama tim Anda, kita harus segera mengatasi masalah yang serius dan nyata dihadapan kita.
Kita perlu membuat laporan kerja secara jelas mengenai apa yang sedang terjadi di dalam perusahaan kita. Anda perlu menciptakan budaya transparan ke semua unit departemen mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi dan segera menciptakan solusi untuk menyelesaikannya. Anda sebagai manajer mempertaruhkan kredibilitas Anda. Oleh karena itu kredibilitas adalah hal yang utama.
Tindakan budaya transparan harus menjadi budaya kerja yang Anda harus lakukan. Sehingga Anda dan tim Anda dapat bekerja secara efisien.
Apa yang Anda harus ketahui: bacalah mengenai sejaran bisnis perusahaan-perusahaan yang bangkrut ketika sedang berkompetisi. Mereka selain melakukan kesalahan manajemen juga mempunyai masalah yang lain yaitu tidak mampu menciptakan budaya keterbukaan dalam lingkungan tempat bekerja. Perusahaan-perusahaan yang bangkrut mempunyai manajer yang setengah hati dalam bekerja, tidak mempunyai kompetensi, tidak dapat menciptakan kinerja tim yang solid.
Anda harus melakukan: Menjadi pemimpin yang baik berarti melakukan bisnis dengan jujur, menciptakan budaya keterbukaan, mempunyai etika dan moral yang baik. Ini adalah modal bagi Anda sebagai seorang manajer untuk menciptakan keunggulan kompetitif dalam jangka panjang.
Anda harus belajar mengenai arti dari kepemimpinan yang sesungguhnya. Kepemimpinan adalah hal yang dapat dipelajari oleh diri Anda dan itu membutuhkan kerja keras untuk mencapainya. Anda perlu menciptakan diri Anda sebagai orang yang mempunyai karakter.
Menurut Tom Peters seorang pemimpin besar adalah orang yang cinta akan perubahan (Bukunya Thriving on Chaos). Pemimpin harus berani bertindak.
Budaya keterbukaan mengajarkan kepada kita untuk berani bertindak. Tanpa adanya budaya keterbukaan Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan perubahan. Pemimpin yang hebat mempunyai tim kerja yang hebat. Tim hebat selalu bersikap terbuka, jujur, dan mampu membuat keputusan yang penting. Basis-Nilai mereka adalah budaya keterbukaan.
Ada pertanyaan yang Anda harus jawab:
1. Apakah Anda seorang pemimpin?
2. Apakah Anda telah menciptakan Budaya-Keterbukaan di tempat Anda?
3. Apakah Tim Anda memegang Budaya Keterbukaan?
4. Apakah Anda jujur kepada tim Anda?
5. Apakah Tim Anda jujur kepada Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: