Komunikasi Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja Septo Indarto (Team Double S)

28 Apr

Komunikasi Dapat Meningkatkan Produktivitas Kerja
Septo Indarto (Team Double S)

Kemajuan teknologi meningkatkan kemampuan kita untuk berkomunikasi. Berkomunikasi bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai komunikasi dari tatap muka hingga komunikasi melalui internet dan pesan singkat elektronik. Dalam meningkatkan kinerja perusahaan, kemampuan komunikasi yang baik berlaku untuk semua orang. Karena dengan komunikasi kita ingin menjabarkan apa yang ingin kita lakukan dan orang lain akan memberikan respon kepada ide-ide kita, apa kekurangannya dan bagaimana cara memperbaikinya. Perusahaan yang mempunyai para pegawai dan top management yang mempunyai komunikasi yang baik adalah perusahaan yang mampu untuk melakukan perubahan setiap saat. Karena pesan-pesan yang disampaikan dalam berkomunikasi sangat efisien dan langsung menyentuh inti persoalannya.
Berkomunikasi dengan interaksi yang dilakukan secara face to face adalah salah satu komunikasi yang sangat bagus dan tepat, karena kita dapat menyampaikan pesan kita secara jelas dan dapat segera mengetahui respon orang apakah setuju atau tidak. Komunikasi dalam tatap muka sangat penting untuk menyatukan visi dan misi yang akan dikerjakan secara bersama-sama. Kita dapat dengan mudah mengutarakan ide-ide baru dalam kerja sama tim, ini sangat menguntungkan bagi kita semua, bahwa kita melakukan komunikasi dalam dua arah, dimana sebuah gagasan di sampaikan, kemudian orang-orang disekitar kita akan menerima, menganalisa, dan menyampaikan pendapat mereka terhadap ide-ide kita.
Komunikasi tatap muka harus lebih sering dilakukan untuk menyatukan visi. Ini sangat penting sekali bagi sebuah perusahaan yang ingin bergerak kearah yang lebih maju. Perusahaan harus mampu menangkap setiap ide-ide yang disampaikan oleh para pegawainya. Karena pegawai yang bekerja diperusahaan, biasanya telah mengetahui perubahan apa yang harus segera dilakukan karena mereka telah mengetahui dan mengenal baik lingkungan internal kantor mereka.
Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, top management bisa mengadakan makan siang bersama untuk lebih mendekatkan diri kepada para karyawannya, hal ini bertujuan untuk terjadi ikatan batin dan ikatan kekeluargaan antar sesama pegawa dan antar pegawai dan top management.
Dalam Transparent Leadership. Komunikasi yang terbuka disertai dengan nilai-nilai kejujuran adalah hal yang penting. Karena kita akan mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan kita, kita harus menyampaikan gagasan yang membangun untuk kemajuan kita dan orang lain dapat memberikan masukan apa yang harus kita lakukan.
Perusahaan-perusahaan besar selalu menyediakan tempat ruangan untuk berkomunikasi antar pegawai, dalam keadaan formal (ruang rapat) dan dalam keadaan informal (ruang lobby). Tujuannya adalah semua pegawai merasa dalam sebuah ikatan batin dan ikatan persaudaraan, sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan. Ini adalah sebuah managemen komunikasi dalam membangun dan menciptakan budaya internal yang kuat.
Teknologi komunikasi memang menciptakan perubahan dalam cara berkomunikasi, tetapi cara berkomunikasi tatap muka adalah hal yang penting karena kita dapat menyampaikan pesan dengan lebih jelas kepada teman bicara kita. Struktur kata yang kita ucapkan dapat lebih dimengerti oleh teman bicara kita.
Komunikasi yang berjalan dengan baik disebuah organisasi perusahaan dapat mencegah terjadinya gosip-gosip yang tidak jelas, sehingga menyebabkan kondisi yang tidak menguntungkan dn menyebabkan konflik internal antar sesame pegawai. Sudah saatnya perusahaan mampu menciptakan budaya komunikasi yang baik tujuannya adalah meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: